Friday, March 26, 2010

Formulir Pajak US Non-Resident Form W-8BEN


Tadi nemu sebuah situs advertise dari negeri Paman Sam sana. Isenk² mendaftar untuk mencoba nasib dalam mengais dolar amrik. Soalnya bayarannya gede banged loh! Tapi tiba² langkah pendaftaran saya terhenti di bagian SS#/Corp ID#/ABN:

Aw! Makhluk apakah gerangan benda tersebut? Setelah googling kesana kemari akhirnya saya paham bahwa itu adalah nomor id rakyat Amerika (nomor pajak, jaminan sosial, dll). Tapi berhubung saya bukan penghuni kerajaan Amrik Raya, maka untuk mengisi kolom tersebut saya harus mengisi dan mengirimkan formulir pajak non residen ke situs advertise tersebut. Formulir pajak ini biasa disebut W-8BEN. Formulir pajak untuk
yang bukan warga negara Amrik tapi mendapat dolar (kerja) di Amrik. US Non-Resident Tax Formulir. *ngaco mode ON* 

Sebenarnya untuk pengisiannya cukup mudah hanya saja kendala bahasa kadang membuatnya menjadi rumit. Untuk itu saya copy gambar berikut agar dapat dipahami lebih lanjut tata cara pengisian formulir tersebut. 

Klik gambar disamping ini untuk melihat secara detail. Sebenarnya gambar ini punya-nya mbah NaikBecak, sebab itu namanya tercantum disana. Dan saya-nya sendiri lagi malas buat ngedat/ngedit gambar. ^_^

Oia, formulir ini bisa diunduh di sini.

Setelah diisi, kirimkan formulir tersebut via e-mail atau fax atau post ke nomor dan alamat yang diminta oleh pengelola situs yang membutuhkan data ini (misal: clickbooth.com). Perlu diketahui bahwa tidak semua situs advertise meminta kita untuk mengisi data pajak ini. 

Padahal kan orang bijak taat pajak! Jadi, kalo kalian merasa diri bijak, bayarlah pajak tepat pada waktunya. Iklan layanan ini dipersembahkan oleh Dirjen Pajak Indonesia Tercinta. Qkkqkqkqqkkkk... ^_^
Posting Baru Posting Lama Halaman Depan
 

Temporary Madness.