Tuesday, March 30, 2010

WatermarkLib - Cara Melindungi Foto dan Gambar Digital


Bila kita menjadi member suatu situs yang menyediakan layanan upload foto, perhatikan deh secara seksama tatib a.k.a tata tertib (baca: term and licence agreement) saat pertama kali mendaftar di situs tersebut. Untuk beberapa situs (misal: www.Facebook.com), ternyata semua hal yang kita posting 'n upload dengan menggunakan fasilitas yang diberi oleh situs tersebut akan menjadi milik Facebook com dan bebas digunakan kembali oleh Facebook.com untuk tujuan apa pun (misal: dijual ke pembuat iklan, dll). Bahkan meski data tersebut sudah terhapus/dihapus dari profil fesbuq kita, tetap saja data yang asli masih tersimpan rapi di tempat penyimpanan server fesbuq di Amrik sana.

Sayangnya, kendala bahasa dan panjangnya tatib yang dimiliki situs² tersebut seringkali membuat kita (terutama saya) malas membacanya secara seksama dan dalam tempo sesingkat²nya. Oleh sebab itu, langkah teraman demi melindungi gambar yang kita miliki agar tidak disalahgunakan atau tiba² muncul disampul iklan kondom (misalnya) tanpa sepengetahuan kita, bisa dengan cara memasang watermark (dengan identitas kita tentunya) di foto atau gambar tersebut.
Watermark atau cap air adalah tulisan atau logo berbayang (tembus pandang) yang biasa terdapat pada gambar digital yang bertujuan untuk menunjukkan pada seluruh dunia bahwa gambar tersebut adalah hak prerogatif sang pemilik watermark. Liat nih contohnya!

Bagi yang pintar photo editing, tentu membuat watermark tidaklah menjadi masalah. Tapi buat para makhluk awam di dunia edit foto, bisa juga menggunakan software khusus, seperti misalnya WatermarkLib. Asal tau saja, moto software ini adalah "WatermarkLib is a Free Watermark Software to Protect Your Photos & Digital Images From Unauthority Uses". Yang kira² artinya adalah : "WatermarkLib Merupakan Software Untuk Memberi Cap Berbayang Demi Melindungi Foto dan Gambar Digital Anda dari Penggunaan Yang Tidak Berwenang".

Setelah mengunduh dan menginstal WatermarkLib, cara pakainya adalah:
1. Buka program tadi.
2. Buka foto yang ingin diberi watermark melalui File - Open, atau langsung meng-klik ikon Open di toolbar.
3. Pilih Tool - Text Watermark untuk membuat tanda air berupa teks, atau Tool - Image Watermark untuk membuat tanda air berupa logo/gambar. Setting sesuai keinginan,lalu klik OK. Letakkan gambar atau teks tadi di tempat yang diinginkan di foto yang akan diberi watermark. Save atau Save As foto tersebut. Selesai deh!

Tapi ngomong² nih, kalau ternyata kalian memang pengen eksis dan justru berharap agar foto kalian dipakai perusahaan periklanan untuk mengiklankan barang dagangan mereka (meski secara gratis yang penting nampang), kayaknya info saya ini gak penting banged deh yaaa. ^_^
Posting Baru Posting Lama Halaman Depan
 

Temporary Madness.