Wednesday, March 10, 2010

Sebuah Pengantar Tentang Bisnis Online For Dummy Like Me T_T


Tahun 2010 ini pengen melakukan sesuatu yang berbeda yang belum pernah gue lakukan dalam hidup sebelumnya. Pengen renkarnasi jadi seorang yang lain. A brand new me! Yah gak baru² amad sih.

Ide yang saya dapat adalah mencoba merambah dunia online dalam upaya untuk menambah pundi² kerajaan kiedunkz yang kian hari semakin menipis akibat ketidak mampuan kiedunkz untuk mengelola uang yang ada dan juga dikarenakan para debitur yang kabur dari kewajibannya. Alih² minta restrukturisasi atas hutangnya yang bermasalah, ini malah kabur begitu saja tanpa dosa. Tapi ya sudahlah, anggap saja itu sedekah dari seorang Puti Kiedunkz untuk orang 'miskin' seperti mereka. Huahuahua... Toh kata Ust. Yusuf Mansur,kita nggak akan jatuh miskin karena memberi sedekah kepada orang lain. Hehehe...
Nah,sekarang saya pengen membahas tentang bisnis online. Eh, nggak juga sih. Berhubung saya adalah manusia yang sangad awam di dunia bisnis online. Tulisan ini hanya sebagai pengingat untuk dirikuw sendiri. Tapi sukur² kalo bisa menjadi masukan buat yang lain juga. Well, tapi untuk info tentang dunia online yang lebih valid n mumpuni, tanya saja sama om gogel aja yaaaa...

Jadi, pengertian bisnis online adalah bisnis yang dilakukan tidak secara offline.
*Wwkwkwkwk... Ayo timpuk rame² pemilik blog ini! : P *

Oh, come on, gurlz! Be serious, please!
Maksud saya, bisnis online adalah bisnis yang dilakukan melalui jaringan internet. Bisnis ini termasuk dalam e-commerce atau perdagangan elektronika. Sejak belasan tahun yang lalu kegiatan ini mulai digemari dan rasa²nya akan semakin digemari karena internet menjangkau pasar yang sangat luas.

Apa aja sih bisnis online itu? Well, sebenarnya sih banyak banged. Misalnya Paid To Click (PTC), Multi Level Marketing (MLM), Paid Per Click (PPC), Jualan Link, Jualan Pulsa Dengan Sistem Downline, Paid to input, bisnis affiliate marketing, bisnis reseller, jual produk informasi, advertising business, paid to survey, paid to review, toko online, content writer, jasa online, menjual website ataupun blog, investasi online, bisnis seperti mlm, domain parking,dll.

Untuk lebih lengkap mengenai hal² tersebut, bertanyalah pada om gugel atau bersabarlah hingga diriku yang manis ini menulis tentang hal tersebut. Hehe... Tapi dari sekian banyak kegiatan bisnis online tersebut di atas, kegiatan yang cukup mudah untuk dilakukan orang awam seperti kita ini dan dapat menghasilkan cukup banyak pendapatan (ceile...) adalah dengan:
  1. Menjual barang berjasad buatan (atau milik) sendiri via internet. Misalnya jualan kue atau mainan, dll.
  2. Pemasaran affiliate atau reseller. Keduanya hal ini (affiliate dan reseller) rada mirip, hanya saja reseller harus membeli dulu barang tersebut baru bisa membantu menjual barang lain yang sejenis dari pemilik web. Nah dari penjualan kedua dan selanjutnya ini kita bisa mendapatkan bagi hasil. Biasanya sekitar 50-70% dariharga penjualan. Nice kan? 
  3. Jasa periklanan. Maksudnya kita menyediakan tempat di website atau blog kita sebagai tempat untuk memasang iklan orang lain. Biasanya kita akan dibayar per click, atau per pendaftaran, dll tergantung perjanjian di awal.
Nah, untuk yang baru mau coba² bermain api di dunia bisnis online, saya anjurkan ketiga jenis ini dulu untuk coba. Soalnya ngga terlalu ribet. Tapi kalo mo terjun ke dunia yang lain juga gapapa kok. hehe...  Yang penting untuk awalnya kita harus fokus ke salah satu kegiatan. Soalnya kalo pengen nyoba semua sekaligus bisa pusing otak kita n hasil yang dicapai ga maksimal. Tau kan kalo setiap usaha tu diawalnya pasti gak enak dulu, setelah beberapa saat baru deh kita bisa menerima hasil yang lumayan. Dan setelah itu baru deh mencoba memperluas pemasaran dengan produk yang lain. 

Yang penting tetap fokus dan ga patah semangat kalo hasilnya belum memuaskan. Jangan pernah menyerah ya! ^_^

3 comments:

Kartini on March 12, 2010 at 3:15 AM said...

coba aja

BaNi MusTajaB on March 12, 2010 at 10:16 AM said...

Pada awalnya satu postingan...satu tahun kemudian..telah menjadi satu blog berisi aneka warna warni tulisan..
selamat ngeblog..

Kartini on March 12, 2010 at 11:00 PM said...

selamat.... ^_^

tuliluliluliluliiiii...
wah! selamat! mas bani telah menjadi orang pertama yang memberi comment selain pemilik blog! hahaaha... makasih telah sudi mampir :D

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Posting Baru Halaman Depan
 

Temporary Madness.