Saturday, March 13, 2010

Jenis-jenis Bisnis Internet Untuk Pemula


Seperti yang sudah saya tulis di postingan sebelumnya, untuk orang yang awam (bener² awam) di dunia bisnis internet ini ada tiga jenis usaha yang cukup mudah untuk dilakukan. Sebenernya sih, saya aja yang pengen melakukan ini karena saya pribadi menganggap mereka cukup 'mudah' untuk dilakukan. Terserah saja mana yang menurut kamu lebih sesuai dengan diri sendiri. Hehehe...

Jadi, dari sekian banyak kegiatan bisnis online yang pernah saya sebutkan di sini, saya tertarik atas 4 (empat) jenis bisnis atawa usaha berikut, yaitu :




Yang pertama adalah membuat toko online sendiri. Toko online ini mirip toko biasa yang memperdagangkan barang atau jasa, hanya saja di toko online kita ngga perlu memajang barang² yang kita jual. Cukup dengan menampilkan gambar atau video dari barang² tersebut di website kita atau di jaringan sosial yang kita punya misalnya facebook, dll. Yang agak ribet dari toko online ini adalah pengiriman barangnya. Biasanya pembeli diberi biaya tambahan untuk pengiriman barang. Kadang² hal ini yang membuat saya agak malas berbelanja online, sebab saya jauh dari pusat toko online yang rata² berada di Pulau Jawa sehingga biaya kirimnya terasa sangat membebani. Belum lagi kalau barangnya return. Contoh toko online yang ada di dunia ini adalah KutuKutuBuku. Toko ini menjual buku secara online. Kalo kamu tertarik membeli buku di toko tersebut, jangan lupa untuk memasukkan nomor kupon / kode ini ya K1-63CYFF-D   :)

Yang kedua yaitu: afiliasi atau reseller. Kedua hal ini (affiliate dan reseller) memang rada mirip, hanya saja untuk bisnis reseller kita harus membeli terlebih dahulu sebuah produk yang dijual di situs tersebut, barulah kita mendapat hak untuk menjual kembali produk tersebut. Sedangkan di-afiliasi kita tidak perlu membeli produknya, namun kita dapat menawarkan orang lain untuk membeli disitus tersebut. Tapi biasanya kedua jenis usaha ini dijadikan satu, atau dianggap sama. Apa keuntungan kita dari bisnis ini? Nah dari penjualan yang bersumber dari website replika kita (website yang mirip dengan website admin), kita bisa mendapatkan bagi hasil. Biasanya sekitar 50-70% dari harga penjualan untuk bisnis reseller (misalnya di sini), dan 5-20% untuk bisnis affiliasi murni (contoh : klik akuw dunkz). Lumayan kan? Makanya rajin²lah mempromosikan website kalian. Caranya akan saya jelaskan nanti. ^_^

Ketiga, Jasa periklanan atau advertisement. Maksudnya sih kita menyediakan tempat di website atau blog kita sebagai tempat untuk memasang iklan orang lain. Sering lihat iklan baris dengan tulisan "ads by ..... " di blog orang² kan? Nah, disitulah kita bisa menawarkan blog kita untuk menjadi publisher atau penerbit dari iklan tersebut. Biasanya kita akan dibayar per berapa orang yang mengakses iklan tersebut dari blog kita. Well, untuk ukuran cuma menaruh beberapa iklan di situs kita secara gratis lalu memungkinkan dapat penghasilan, rasanya ngga buruk juga. Tapi untuk beberapa penyelenggara advertising, terkadang ngga sembarang website atau blog yang mau mereka terima untuk menerbitkan iklan mereka. Kita harus memiliki ranking yang cukup baik dulu atasblog kita. Kayak sekolah aja ya pake ranking segala. Kapan terima raport-nya,Bu? :D Ranking halaman ( page rank ) ini diperoleh dari ramainya blog yang kita miliki kalau tidak salah. Kapan² kita bahas soal page rank ini. Jadi untuk blog saya yang masih jadi janin begini, gak bakal deh diterima ama mereka. Hehehe... Tapi asal telaten 'n sabar, website/blog kamu pasti bisa eksis.

Dan bisnis ke empat yang saya ingin lakukan saat ini adalah dunia tulis menulis online. Bisa dengan cara me-review website orang lain, menulis artikel untuk orang lain, memasukkan data, dsb. Tentunya kita harus menjadi member dari situs² penyedia layanan review ini. Misalnya saja di Freelancer dot com. Setelah mendaftar jadi anggota bila ada tawaran pekerjaan di bidang yang sudah kita pilih saat mendaftar tadi, maka kita akan mendapat kiriman email tentang lowongan tersebut. Kemudian lowongan tersebut akan dilelang kepada para peminat. Pada akhirnya, pemilik pekerjaan akan memilih salah satu untuk diterima bekerja. Cobain saja. Untuk yang gratis-gratis gini ngga ada salahnya untuk dicoba. Hahaha... mental gratisan nih.

Memang banyak sekali tawaran bisnis yang ada di dunia maya ini. Tapi untuk kita yang (sekali lagi saya ingatkan) masih sangat awam ini, lebih baik mencoba salah satu dari jenis-jenis bisnis online atau internet tersebut dengan fokus. Saya ingatkan, satu jenis dulu. Saya akan jelaskan alasannya di artikel yang akan datang. Oke, sekian dulu untuk hari ini. Nikmati akhir pekan yang indah ya! :)


Posting Baru Posting Lama Halaman Depan
 

Temporary Madness.