Wednesday, March 31, 2010

Incoming and Outgoing Mail Server Settings for Hotmail, Yahoo! Mail, GMail, MSN, AOL and more


Berhubung saya sering berurusan sama yang namanya email dan local email client software sebangsa Thunderbird, Ms. Outlook, dll, maka saya perlu untuk meng-kofigurasi yang namanya Incoming and Outgoing Mail Server Settings agar bisa terbaca oleh email client tadi. Apaitu Incoming and Outgoing Mail Server Settings? Entahlah, emang gue pikirin? Hehehe...

Email gratisan yang saya pakai adalah dari 3 layanan email berbasis web berikut: Hotmail, Yahoo, & Gmail. Berikut settingan untuk masing² email.
Hotmail Settings 

Sebagai salah satu pelayanan email berbasis web, Hotmail menggunakan protokol HTTP untuk menghubungkan saya dengan kotak surat. Kalau saya mau mengirim dan menerima email Hotmail menggunakan sebuah email client software, maka software tsb harus mendukung akses Hotmail HTTP untuk akun email saya. Beberapa email client, seperti Outlook Express atau Microsoft Outlook, mendukung langsung akun Hotmail, jadi saya ckup memilih HTTP saat diminta untuk memilih tipe akun email saya, kemudian pilih Hotmail sebagai provider pelayanan surat HTTP.

Mail Server Settings untuk Hotmail menggunakan Microsoft Outlook Connector

Kalau saya menggunakan Microsoft Outlook & the Outlook Connector, saya bisa mengatur akun Hotmail seperti akun email POP3 standar lainnya:
    Hotmail Incoming Mail Server (POP3) - pop3.live.com (logon using Secure Password Authentification - SPA, mail server port: 995)
    Hotmail Outgoing Mail Server (SMTP) - smtp.live.com (SSL enabled, port 25) 
Yahoo! Mail Settings
Yahoo Mail meawarkan akses POP3 standar untuk menerima email ke Yahoo mailbox saya, dengan menggunakan email client software kesukaan saya. Agar bekerja dengan baik, saya perlu memilih protokol POP3 dan menggunakan mail server settings berikut:
    Yahoo Incoming Mail Server (POP3) - pop.mail.yahoo.com (port 110)
    Yahoo Outgoing Mail Server (SMTP) - smtp.mail.yahoo.com (port 25)
     
         POP Yahoo! Mail Plus email server settings
    Yahoo Plus Incoming Mail Server (POP3) - plus.pop.mail.yahoo.com (SSL enabled, port 995)
    Yahoo Plus Outgoing Mail Server (SMTP) - plus.smtp.mail.yahoo.com (SSL enabled, port 465, use authentication)
Google GMail Settings
Layanan Google GMail menawarkan akses ke email client untuk menerima dan mengirim email melalui akun Gmail saya. Bagaimana pun, demi alasan keamanan, GMail menggunakan POP3 melalui koneksi SSL, jadi harus dipastikan bahwa email client yang digunakan mendukung koneksi SSL ter-enkripsi.
    Google Gmail Incoming Mail Server (POP3) - pop.gmail.com (SSL enabled, port 995)
    Outgoing Mail Server - use the SMTP mail server address provided by your local ISP or smtp.gmail.com (SSL enabled, port 465)
Selain ketiganya, masih banyak layanan email berbasis lainnya yang bisa kalian cari settingannya di sini. Good luck!
Posting Baru Posting Lama Halaman Depan
 

Temporary Madness.